Pemasaran yang Efektif

Philip Kotler, seorang konsultan dan pakar pemasaran mengatakan bahwa pemasaran yang efektif mengandaikan cermat menganalisis, merencanakan, mengorganisasi, dan mengendalikan upaya pemasaran. Di situlah letaknya manajemen pemasaran.

Karena itu, SDM pemasaran harus terampil dalam dua tugas analisis dasar. Pertama, analisis pasar. Mereka harus mampu mengidentifikasi pasar, ukuran dan lokasinya, kebutuhan dan keinginan, persepsi dan nilai-nilai. Kedua, analisis produk. SDM pemasaran harus dapat menentukan produk yang apa yang ditawarkan saat ini kepada target (pelanggan) dan bagaimana penilaian target atas produk tersebut.

Pemasaran yang efektif menuntut empat keterampilan perencanaan, yakni: pertama, pengembangan produk (konfigurasi). SDM pemasaran harus tahu di mana untuk mencari ide-ide yang tepat, bagaimana memilih dan menyempurnakan konsep produk, bagaimana menyesuaikan dengan mode dan memaketkan produk, dan bagaimana mengujinya.

Kedua, harga (penilaian). SDM pemasaran harus mengembangkan seperangkat istilah yang menarik untuk produk. Ketiga, distribusi (fasilitasi). SDM pemasaran harus menentukan cara untuk memasukkan produk ke sirkulasi dan membuat produk tersebut dapat dan mudah diakses oleh pasar targetnya. Dan, keempat, promosi. SDM pemasaran harus mampu merangsang ketertarikan pasar terhadap produk.

Pemasaran yang efektif juga membutuhkan tiga keterampilan organisasional. Pertama, desain organisasional. SDM pemasaran  harus memahami keuntungan dan kerugian dari pengorganisasian aktivitas pasar bersama lini fungsional, produk, dan pasar. Keduamenempatkan staf organisasi. SDM pemasaran harus tahu bagaimana menemukan, melatih, dan menetapkan co-pemasar yang efektif. Ketiga, motivasi organisasi. SDM pemasaran harus menentukan bagaimana merangsang upaya pemasaran terbaik.

Akhirnya, pemasaran yang efektif juga membutuhkan dua keterampilan mengontrol. Pertama, pengukuran hasil pasar. Tim marketing senantiasa menginformasikan respon sikap dan perilaku terhadap apa yang sedang diraih di pasar. Keduapengukuran biaya pemasaran. SDM pemasaran harus selalu menginformasikan biaya dan efisiensi dalam menjalankan rencana pemasaran.

Comments

Popular posts from this blog

Penyusunan Hukum Agraria Nasional

Konsepsi Ekonomi Kerakyatan